SURAT KETERANGAN PINDAH WNI

Komponen standar pelayanan terkait dengan proses penyampaian pelayanan (Service delivery)

No.KomponenUraian
1.Persyaratana. Pindah Penduduk dalam satu Desa/Kelurahan, antar Desa/Kelurahan dalam satu Kecamatan dan antar Kecamatan dalam satu Kabupaten:
1. Kartu Keluarga;KTP-el;Surat Keterangan Pindah dari Desa/Kelurahan;
2. Surat Kuasa (jika dikuasakan);Fotocopy KTP-el yang diberi kuasa;  

b. Pindah Penduduk antar Kabupaten/Kota dalam satu provinsi atau antar provinsi:
1. Kartu Keluarga;KTP-el;Surat Keterangan Pindah dari Desa/Kelurahan yang telah disahkan/ditandatangani oleh Camat;
2. Fotocopy surat nikah yang sudah menikah atau fotocopy surat cerai bagi yang bercerai;
3. Pas photo ukuran 3X4 cm sebanyak 2 lembar.Surat Kuasa (jika dikuasakan);
4. Fotocopy KTP-el yang diberi kuasa;
2.
Sistem Mekanisme dan Prosedur                                                  
1. Pindah Penduduk dalam satu Desa/Kelurahan antar Desa/Kelurahan dalam satu Kecamatan:
a. Pemohon menyerahkan berkas persyaratan benar dan lengkap di Kecamatan;
b. Petugas di Kecamatan akan memproses penerbitan KK dan KTP-el yang bersangkutan dengan alamat baru;
c. Pemohon menerima KK dan KTP-el dengan alamat baru serta menandatangani bukti penerimaan produk.  

2. Pindah Penduduk Antar Kecamatan dalam satu Kabupaten:
a. Pemohon menyerahkan berkas persyaratan yang benar dan lengkap di Kecamatan;
b. Petugas akan memproses pengesahanSurat Keterangan Pindah dari Desa/Kelurahan oleh Camat;
c. Pemohon menerima Surat Keterangan Pindah yang telah disahkan oleh Camat untuk dilaporkan ke Kecamatan Tujuan serta menandatangani bukti penerimaan produk.  

3. Pindah Penduduk antar Kabupaten/Kota dalam satu provinsi atau antar provinsi:
a. Pemohon menyerahkan berkas persyaratan yang benar dan lengkap di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
b. Petugasakan memproses penerbitan Surat Keterangan Pindah WNI;
c. Pemohon  menerima Surat Keterangan Pindah WNI untuk dilaporkan ke Daerah Kabupaten/Kota/Provinsi tujuan serta menandatangani bukti penerimaan produk;
3.Jangka Waktu Pelayanan1 (satu) hari
4.Biaya/TarifTidak dipungut biaya (gratis)
5.Produk PelayananSurat Keterangan Pindah WNI
6.Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan1. Kotak saran
2. Website: disdukcapil.bogorkab.go.id
3. Telepon :(021) 8758419
4. Faximile: (021) 8758419
5. Email: Disdukcapil@bogorkab.go.id
6. Form Survei Indeks Kepuasan Masyarakat   Mekanisme penanganan pengaduan saran dan masukan dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut :
1. Cek di tempat
2. Koordinasi internal
3. Koordinasi eksternal
4. Tindak lanjut dan solusi permasalahan
7.Waktu Pelayanana. Senin – Jum’at              : 08.00-15.30WIB.
b. Hari Sabtu, Minggu dan hari besar nasional libur

Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (Manufacturing)

No.KomponenUraian
1.Dasar Hukuma. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;  
b. Peraturan Pemerintah  Nomor  37  Tahun  2007 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006;      
c. Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
d. Keputusan Presiden Nomor 88 Tahun 2004 tentang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan;  
e. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 28 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan pencatatan Sipil di Daerah;
f. Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 9 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan;                                                  
2.Sarana Prasarana dan/atau Fasilitas            Sarana Prasarana dan/atau fasilitas berada di Dinas, 40 Kecamatan dan Desa/Kelurahan:                             
Blangko Surat Keterangan Pindah WNI
Komputer           : 40 unit
Printer                  : 40 unit
Jaringan               : 40 unit
AC                          : 40 unit
Genset                 : 40 unit
3.Kompetensi Pelaksana      a. Terampil mengoperasikan komputer dan  teknologi informasi;
b. Mampu bersikap sopan, ramah dan komunikatif;
c. Disiplin dan taat waktu pelayanan;
4.Pengawasan Internal1. Sampai dengan antar Kecamatan: berjenjang dari Kepala Desa/Lurah, Camat;
2. Antar Kabupaten/Provinsi: berjenjang dari Kepala Seksi Pindah Datang Penduduk, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Kepala Dinas;
5.Jumlah Pelaksanaa. Sampai dengan antar Kecamatan:    
1. Petugas registrasi desa/Kelurahan : 435 orang    
2. Petugas pelayanan di Kecamatan: 40 orang
b. Antar Kabupaten/Provinsi:    
1. Petugas pelayanan : 1 orang    
2. Operator Komputer : 1 orang
6.Jaminan Pelayanan1. Adanya Standar Operasional Prosedur (SOP);
2. Adanya Kode Etik Pegawai;
3. Tidak ada diskriminasi terhadap Pemohon.
7.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan  Apabila Surat Keterangan Pindah WNI sudah jadi namun belum  diambil, akan  disimpan terlebih dahulu dan pemohon dihubungi melalui telepon
8.Evaluasi Kinerja Pelaksana          1. Rapat koordinasi intern rutin setiap bulan dan insidental terkait pelaksanan program kegiatan dan pelayanan;
2. Melalui survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) secara rutin dan berkelanjutan sebagai  upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan.
%d bloggers like this: