Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses penyampaian pelayanan (Service Delivery)

No.KomponenUraian
1.Persyaratan                        a. Mengisi formulir Permohonan Pencatatan Pengangkatan Anak;                                   
b. Penetapan dari Pengadilan Negeri;     
c. Asli Kutipan Akta Kelahiran Anak yang akan diangkat;
d. Fotocopy Surat/Akta Nikah orang tua yang akan mengangkat anak yang dilegalisir;            
e. Fotocopy KTP-el orang tua yang akan mengangkat anak dilegalisir oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
f. Fotocopy Kartu Keluarga orang tua yang akan mengangkat anak dilegalisir oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;                                              
g. Surat Kuasa bagi yang tidak dapat hadir sendiri.            
2.Sistem Mekanisme dan Prosedur1. Pemohon menyerahkan berkas persyaratan yang lengkap dan benar;                                         
2. Petugas memproses pencatatan di Register Pengangkatan Anak dan membubuhkan catatan pinggir pada Kutipan Akta kelahiran;   
3. Pemohon membayar denda apabila pelaporan lebih dari 30 hari kerja;                                    
4. Pemohon menerima Kutipan Akta Kelahiran yang telah diberi Catatan Pinggir Pengangkatan Anak dan menandatangani bukti penerimaan produk;        
3.Jangka Waktu Pelayanan1 (satu) hari
4.Biaya/Tarif• Pelaporan s.d. 30 hari kerja tidak dikenakan biaya (gratis);
• Pelaporan lebih dari 30 hari kerja dikenakan denda Rp. 10.000,-.
5.Produk PelayananCatatan Pinggir pada Kutipan Akta Kelahiran
6.Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan                        1. Kotak saran
2. Website: disdukcapil.bogorkab.go.id
3. Telepon :(021) 8758419
4. Faximile: (021) 8758419
5. Email: Disdukcapil@bogorkab.go.id
6. FormSurvei Indeks Kepuasan Masyarakat   Mekanisme penanganan pengaduan saran dan masukan dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut :
1. Cek ditempat
2. Koordinasi internal
3. Koordinasi eksternal
4. Tindak lanjut dan solusi permasalahan
7.Waktu Pelayanan  a. Senin – Jum’at : 08.00-15.30 WIB.
b. Hari Sabtu, Minggu dan hari besar nasional libur

Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (Manufacturing)

No.KomponenUraian
1.Dasar Hukuma. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang telah diubah dengan  Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang  Nomor  23  Tahun  2006  tentang  Administrasi Kependudukan;
b. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan;
c. Keputusan  Mahkamah Konstitusi Nomor:  18/PUU-XI/2013 tentang pembatalan ayat (1) dan (2) pasal 32 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tanggal 30 April 2013;
d. Peraturan  Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007  tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
e. Peraturan       Presiden  Nomor  25  Tahun  2008  tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
f.  Keputusan  Presiden  Nomor  88  Tahun  2004  tentang Pengelolaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan;
g. Peraturan Menteri Dalam  Negeri Nomor 19 Tahun 2010 tentang  Formulir  dan  Buku  yang  digunakan  dalam Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
h. Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor: 472.11/2304/SJ tanggal 6 Mei 2013 tentang Tindak lanjut Pelaksanaan Putusan  Mahkamah  Konstitusi  Nomor  18/PUU-XI/2013 tanggal 30 April 2013 tentang pembatalan ayat (1) dan (2) Pasal 32 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006;
i. Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 9 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan;   
2.Sarana Prasarana dan/atau FasilitasKomputer         : 1 unit
Printer              : 1 unit
Jaringan           : 1 unit
AC                   : 1 unit
Genset             : 1 unit
3.Kompetensi Pelaksana      a. Terampil mengoperasikan komputer dan  teknologi informasi;
b. Mampu bersikap sopan, ramah komunikatif dan informatif;
c. Disiplin dan tepat waktu pelayanan
4.Pengawasan InternalBerjenjang dari Kepala  Seksi  P2P3 Anak , Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil dan Kepala Dinas      
5.Jumlah Pelaksana3 (tiga) orang meliputi:
Petugas Pelayanan;
Petugas Verifikasi;
Operator Komputer;
6.Jaminan Pelayanan1. Adanya Standar Operasional Prosedur (SOP);
2. Adanya Kode Etik Pegawai;
3. Tidak ada diskriminasi terhadap Pemohon.
7.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan  Apabila Catatan Pinggir pada Akta Kelahiran tentang Pengangkatan Anak sudah jadi namun belum  diambil, akan disimpan terlebih dahulu dan Pemohon dihubungi melalui telepon;
8.Evaluasi Kinerja Pelaksana          1. Rapat koordinasi intern rutin setiap bulan dan insidental terkait pelaksanan program kegiatan dan pelayanan;
2. Melalui survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) secara rutin dan berkelanjutan sebagai  upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan.
%d bloggers like this: