Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses penyampaian pelayanan(Service Delivery)

No.KomponenUraian
1.Persyaratana.  Pencatatan  Kelahiran  usia  1 hari s.d. 60 hari sejak tanggal kelahiran:
1. Mengisi Blangko Laporan Kelahiran;
2. Surat Keterangan Lahir ASLI dari dokter/bidan/penolong kelahiran dan/atau Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM);
3. Fotocopy Surat Nikah atau Akta Perkawinan yang telah disahkan (dilegalir) oleh instansi yang berwenang
4. Fotocopy Kartu Keluarga yang sudah mencantumkan nama bayi/anak;
5. Fotocopy KTP-el kedua orang tua dan Apabila sudah meninggal melampirkan Surat Kematian ASli Fotokopi dilegalisir Desa/Kelurahan/Akta Kematian (dilegalisir Dinas);
6. Fotocopy  KTP-el  dua orang  saksi
7. Tanda Tangan Saksi Harus Asli;
8. Surat Kuasa + fotocopy KTP-el yang memberi Kuasa dan yang diberi Kuasa (memenuhi syarat Perpres 25 thn 2008);
9. Surat Keterangan Beda Nama (bila perlu);
10. Surat Pernyataan nama orang tua yang dipakai (jika ada perbedaan nama);
11. Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari Kepolisian atau Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Kebenaran Data Kelahiran bagi bayi/anak/orang yang tidak diketahui asal usul dalam hal persyaratan berupa Surat Keterangan Lahir tidak terpenuhi;
12. Surat Penyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Kebenaran Sebagai Pasangan Suami Isteri digunakan dalam hal perkawinan tidak dapat dibuktikan dengan Akta Perkawinan atau Akta Nikah;
b. Pencatatan Kelahiran usia lebih dari 60 hari sejak tanggal kelahiran:
1. Sama dengan Point I nomor 1-12;
2. Mengisi Blangko permohonan kelahiran terlambat;
3. Fotokopi dokumen pendukung;
4. Fotocopy Ijazah (jika sudah memiliki);
3.Jangka Waktu Pelayanan1) Pencatatan Kelahiran usia 1 hari s.d 60 hari kerja sejak tanggal kelahiran: 1 (satu) hari dan 30 hari
2) Pencatatan Kelahiran usia lebih dari 60 hari kerja sejak tanggal kelahiran: 1 (satu) hari dan 30 hari
4.Biaya/Tarif1) Pencatatan Kelahiran usia 1 hari s.d. 60 hari kerja sejak tanggal kelahiran: tidak dikenakan biaya/gratis;
2) Pencatatan Kelahiran usia lebih dari 60 hari kerja sejak tanggal kelahiran dikenakan denda Rp. 10.000,-;
5.Produk PelayananKutipan Akta Kelahiran
6.Penanganan, Pengaduan,1. Kotak saran
Saran dan Masukan2. Website  interaktif  dikelola  admin  dengan  alamat  : disdukcapil.bogorkab.go.id
3. Telepon :(021) 8758419
Faximile :(021) 8758419
4. Email : disdukcapil@bogorkab.go.id
5. Form Survei Indeks Kepuasan Masyarakat
Mekanisme penanganan pengaduan, saran dan masukan akan direspon maksimal 2 (dua) hari sejak diterimanya melalui tahapan sebagai berikut :
2. Koordinasi internal
3. Koordinasi eksternal
4. Tindaklanjut dan solusi permasalahan
7.Waktu Pelayanana. Senin – Jum’at : 08.00-15.30 WIB.
b. Hari Sabtu, Minggu dan hari besar nasional  libur

Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (Manufacturing)

No.KomponenUraian
1.Dasar Hukuma. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
b. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan;
c. Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor:  18/PUU-XI/2013 tentang pembatalan ayat (1) dan (2) Pasal  32 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tanggal 30 April 2013;
 d. Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
e. Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
f. Keputusan Presiden Nomor 88 Tahun 2004 tentang Pengelolaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan;
g. Peraturan Menteri Dalam  Negeri Nomor 19 Tahun 2010 tentang  Formulir  dan  Buku  yang  digunakan  dalam Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
h. Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor: 472.11/2304/SJ tanggal 6 Mei 2013 tentang Tindak lanjut Pelaksanaan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 18/PUU-XI/2013 tanggal 30 April 2013 tentang pembatalan ayat (1) dan (2) Pasal 32 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006;
i. Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 9 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan;
2.Sarana PrasaranaRegister Akta Kelahiran dan/atau Fasilitas Blangko Kutipan Akta kelahiran
Komputer: 1 unit
Printer
Jaringan: 1 unit
AC
Genset
3.Kompetensi Pelaksanaa. Terampil mengoperasikan komputer dan teknologi informasi;
b. Mampu bersikap sopan, ramah, komunikatif dan informatif;
c. Disiplin dan tepat waktu pelayanan;
4.Pengawasan Internal Berjenjang dari KepalaSeksi  Kelahiran, Kepala Bidang
Pelayanan Pencatatan Sipil dan Kepala Dinas
5.Jumlah Pelaksana4 (empat) orang meliputi:
– Petugas Pelayanan;
– Petugas Verifikasi dan Validasi;
– Operator Komputer;
– Bendahara Penerimaan/Pembantu Bendahara Penerimaan ;
6.Jaminan Pelayanan1. Adanya Standar Operasional Prosedur (SOP);
2. Adanya Kode Etik Pegawai;
3. Tidak ada diskriminasi terhadap Pemohon.
7.Jaminan Keamanan danApabila Kutipan Akta Kelahiran sudah jadi namun
Keselamatan
8.Evaluasi Kinerja1. Rapat koordinasi intern rutin setiap bulan dan insidental terkait  pelaksanaan program kegiatandan pelayanan;
Pelaksana2. Melalui pelaksanaan Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) secara rutin dan berkelanjutan sebagai  upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan.
%d bloggers like this: