Komponen standar Pelayanan terkait dengan proses penyampaian pelayanan (Service Delivery)

No.KomponenUraian
1.



Persyaratan                                                                                            
a. Datang dari luar Kabupaten/Kota/Provinsi:
1. Surat  Keterangan  Pindah  WNI  dari  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Daerah asal;
2. Biodata/Kartu Keluarga dari Daerah asal;
3. KTP-el Asli dari daerah asal;        
4. Fotocopy Kutipan Akta Kelahiran;            
5. Fotocopy Surat Nikah;                   
6. Fotocopy Ijazah terakhir;             
7. Fotocopy KK yang ditumpangi;  
8. Pas Foto 3×4 cm dua lembar;     
9. Surat Kuasa (jika dikuasakan);   
10. Fotocopy KTP-el yang diberi kuasa.  

b. Datang dari Luar Negeri:                         
1. Fotocopy Paspor (asli agar dibawa);
2. Fotocopy Kartu Keluarga;            
3. Asli KTP-el yang bersangkutan; 
4. Fotocopy Kutipan Akta Kelahiran;
5. Fotocopy Akta Nikah/Akta Cerai/Surat Kematian;
6. Pas Foto ukuran 3×4 cm (2 lembar);
7. Surat Kuasa (jika dikuasakan);   
8. Fotocopy KTP-el yang diberi kuasa.  

c. Aktivasi Penduduk:                    
1. Surat Keterangan Domisili dari Desa;
2. Surat Pernyataan Bermeterai 6000 dengan 2(dua) orang Saksi;                       
3. KTP-el Saksi;                      
4. Fotocopy Kartu Keluarga;            
5. Fotocopy Kutipan Akta Kelahiran;            
6. Asli KTP-el yang bersangkutan; 
7. Fotocopy Akta Nikah/Akta Cerai/Surat Kematian;
8. Pas Foto ukuran 3×4 cm (2 lembar);
9. Surat Kuasa (jika dikuasakan);   
10. Fotocopy KTP-el yang diberi kuasa.  

d. Perubahan Data Penduduk:   
1. Fotocopy Kutipan Akta Kelahiran/Surat Keterangan Kelahiran yang pertama terbit;
2. Fotocopy Surat Nikah/Akta Cerai;            
3. Putusan Pengadilan;                      
4. Surat Kuasa (jika dikuasakan);   
Fotocopy KTP-el Pemberi dan Penerima kuasa.
2.Sistem Mekanisme dan Prosedur1. Pemohon menyerahkan berkas persyaratan yang benar dan lengkap;                     
2. Petugas akan memproses pencatatan dan penerbitan Surat Keterangan Datang WNI;  
3. Pemohon menerima Surat Keterangan Datang WNI dan menandatangani bukti penerimaan produk.
3.Jangka Waktu Pelayanan1 (satu) hari
4.Biaya/TarifTidak dipungut biaya (gratis)
5.Produk PelayananSurat Keterangan Datang WNI
6.Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan                        1. Kotak saran
2. Website: disdukcapil.bogorkab.go.id
3. Telepon :(021) 8758419
4. Faximile: (021) 8758419
5. Email: Disdukcapil@bogorkab.go.id
6. FormSurvei Indeks Kepuasan Masyarakat   Mekanisme penanganan pengaduan saran dan masukan dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut :
1. Cek ditempat
2. Koordinasi internal
3. Koordinasi eksternal
4. Tindak lanjut dan solusi permasalahan
7.Waktu Pelayanan  a. Senin – Jum’at : 08.00-15.30 WIB.
b. Hari Sabtu, Minggu dan hari besar nasional libur

Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (Manufacturing)

No.KomponenUraian
1.Dasar Hukuma. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;  
b. Peraturan Pemerintah  Nomor  37  Tahun  2007 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006;      
c. Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
d. Keputusan Presiden Nomor 88 Tahun 2004 tentang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan;  
e. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 28 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan pencatatan Sipil di Daerah;                                                                                 
f. Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 9 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan;                                                  
2.Sarana Prasarana dan/atau Fasilitas            Sarana Prasarana dan/atau fasilitas berada di Dinas, 40 Kecamatan dan Desa/Kelurahan:                             
Blangko Surat Keterangan Pindah WNI
Komputer           : 40 unit
Printer                  : 40 unit
Jaringan               : 40 unit
AC                          : 40 unit
Genset                 : 40 unit
3.Kompetensi Pelaksana      a. Terampil mengoperasikan komputer dan  teknologi informasi;
b. Mampu bersikap sopan, ramah dan komunikatif;
c. Disiplin dan taat waktu pelayanan;
4.Pengawasan Internal1. Sampai dengan antar Kecamatan: berjenjang dari Kepala Desa/Lurah, Camat;
2. Antar Kabupaten/Provinsi: berjenjang dari Kepala Seksi Pindah Datang Penduduk, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Kepala Dinas;
5.Jumlah Pelaksanaa. Sampai dengan antar Kecamatan:    
1. Petugas registrasi desa/Kelurahan : 435 orang    
2. Petugas pelayanan di Kecamatan: 40 orang
b. Antar Kabupaten/Provinsi:     Petugas pelayanan di Dinas:
1. 1 orang     Petugas Verifikasi di Dinas: 1 orang    
2. Operator Komputer di Dinas: 1 orang
6.Jaminan Pelayanan1. Adanya Standar Operasional Prosedur (SOP);
2. Adanya Kode Etik Pegawai;
3. Tidak ada diskriminasi terhadap Pemohon.
7.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan  Apabila Surat Keterangan Pindah WNI sudah jadi namun belum  diambil, akan  disimpan terlebih dahulu dan pemohon dihubungi melalui telepon
8.Evaluasi Kinerja Pelaksana          1. Rapat koordinasi intern rutin setiap bulan dan insidental terkait pelaksanan program kegiatan dan pelayanan;
2. Melalui survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) secara rutin dan berkelanjutan sebagai  upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan.
%d bloggers like this: