PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-el)

Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses penyampaian pelayanan (Service Delivery)

No.KomponenUraian
1.Persyaratana.  Penerbitan KTP-el baru bagi penduduk WNI
1. Telah berusia 17 tahun atau sudah/pernah menikah;
2. Fotocopy Kartu Keluarga;
3. Fotocopy Kutipan Akta Nikah bagi yang belum berusia 17 tahun;
4. Fotocopy Kutipan Akta Kelahiran;
5. Surat Keterangan datang dari luar negeri;
6. Mengisi   formulir   permohonan   KTP-el   dari Desa/Kelurahan.Surat Kuasa (jika dikuasakan);
7. Fotocopy KTP-el yang diberi kuasa.
 
b.  Penerbitan KTP-el karena hilang atau rusak
1. Surat Keterangan kehilangan dari Kepolisian atau KTP-el yang rusak;
2. Fotocopy KK;
3. Paspor atau ijin tinggal tetap bagi orang Asing;
4. Mengisi formulir permohonan KTP-el dari Desa/Kelurahan.Surat Kuasa (jika dikuasakan);
5. Fotocopy KTP-el yang diberi kuasa.  

c. Penerbitan KTP-el karena adanya perubahan Data
1. Fotocopy Kartu Keluarga;KTP-el lama;
2. Dokumen pendukung untuk perubahan data, misalnya akta kelahiran, surat nikah;
3. Mengisi formulir permohonan KTP-el dari Desa/Kelurahan;
4. Surat Kuasa (jika dikuasakan);
5. Fotocopy KTP-el yang diberi kuasa.  

d. Penerbitan KTP-el bagi orang Asing tinggal tetap
1. Telah berusia 17 tahun atau sudah/pernah kawin;
2. Fotocopy Kartu Keluarga (KK);Fotocopy Akta Nikah orang tua bagi  penduduk yang belum berusia 17 tahun;
3. Fotocopy Kutipan Akta Kelahiran;Paspor dan Ijin tinggal tetap;
4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian;Mengisi  formulir  permohonan  KTP-el  dari Desa/Kelurahan;
5. Surat Kuasa (jika dikuasakan);
6. Fotocopy KTP-el yang diberi kuasa.  

e. Penerbitan KTP-el karena pindah datang bagi penduduk WNI atau orang Asing tinggal tetap
1. Surat Keterangan Pindah/Surat Keterangan Datang;
2. Surat Keterangan Datang dari luar negeri;
3. Mengisi  formulir  permohonan  KTP-el  dari Desa/Kelurahan;
4. Surat Kuasa (jika dikuasakan);
5. Fotocopy KTP-el yang diberi kuasa.    
2.Sistem Mekanisme dan Prosedur                    1. Pemohon menyerahkan berkas persyaratan yang benar dan lengkap kemudian menerima surat bukti pengambilan KTP-el (Surat Permohonan Pencetakan KTP-el); 
2. Petugas  memproses  penerbitan  Kartu  Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el);
3. Pemohon menyerahkan surat bukti pengambilan KTP-el (Surat Permohonan Pencetakan KTP-el) dalam waktu 2 (dua) minggu sejak permohonan;
4. Pemohon mengambil KTP-el di Kecamatan dan menandatangani bukti penerimaan.                
3.Jangka Waktu Pelayanan2 (dua) minggu
4.Biaya/TarifTidak dipungut biaya (gratis)
5.Produk PelayananKartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el)
6.Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan1. Kotak saran   
2. Website: disdukcapil.bogorkab.go.id‘
3. Telepon :(021) 8758419 4. Faximile: (021) 8758419
5. Email: Disdukcapil@bogorkab.go.id
6. Form Survei Indeks Kepuasan Masyarakat   Mekanisme penanganan pengaduan saran dan masukan dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut :
1. Cek di tempat              
2. Koordinasi internal    
3. Koordinasi eksternal
4. Tindak lanjut dan solusi permasalahan
7.Waktu Pelayanana. Senin – Jum’at              : 08.00-15.30 WIB.
b. Hari Sabtu, Minggu dan hari besar nasional libur

Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (Manufacturing)

No.KomponenUraian
1.Dasar Hukuma. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang telah diubah dengan Undang-Undang  Nomor  24  Tahun  2013  Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;                      
b. Peraturan Pemerintah Nomor 37  Tahun 2007 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006;  
c. Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil; 
d. Keputusan Presiden Nomor 88 Tahun 2004 tentang Pengelolaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan;  
e. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 28 Tahun 2005 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil di Daerah;                   
f. Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 9 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan;                                                                                
2.Sarana Prasarana dan/ atau Fasilitas                  Sarana Prasarana dan/atau fasilitas berada di Dinas dan 40 Kecamatan se-Kabupaten Bogor:                             
Blangko KTP-el                 
Komputer                                           : 41 unit              
Printer                                                  : 10 unit              
Jaringan                                               : 41 unit              
AC                                                          : 41 unit              
Genset                                                 : 41 unit              
Kamera                                                : 41 unit              
Seperangkat alat perekam KTP-el             : 41 unit              
3.Kompetensi Pelaksana    a. Terampil mengoperasikan komputer dan informasi     
b. Mampu bersikap sopan, ramah dan komunikatif
c. Disiplin dan taat waktu pelayanan       
4.Pengawasan InternalBerjenjang mulai dari Kepala Seksi Identitas Penduduk, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Kepala Dinas                    
5.Jumlah Pelaksana  Operator SIAK di 40 Kecamatan Petugas Pelayanan di Dinas: 2 orang       
6.Jaminan Pelayanan    1. Adanya Standar Operasional Prosedur (SOP); 2. Adanya Kode Etik Pegawai;     3. Tidak ada diskriminasi terhadap Pemohon.
7.Jaminan Keamanan dan Keselamatan PelayananApabila KTP-el sudah jadi namun belum  diambil, akan disimpan terlebih dahulu dan pemohon dihubungi melalui telepon.                              
8.Evaluasi Kinerja Pelaksana1. Rapat koordinasi intern rutin setiap bulan dan insidental terkait pelaksanaan programkegiatandan pelayanan;
2. Melalui survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) secara rutin dan berkelanjutan sebagai upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan.               
%d bloggers like this: