PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA)

Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses penyampaian pelayanan (Service  Delivery)

No.KomponenUraian
1.Persyaratana.  Penerbitan KIA baru (untuk usia 0-5 tahun)
1. Fotocopy kutipan akta kelahiran dan menunjukan kutipan akta kelahiran aslinya;
2. Fotocopy KK asli orang tua/Wali;danFotocopy KTP-el asli kedua orang tuanya/wali;
3. Surat   Kuasa (jika dikuasakan);
4. Fotocopy KTP-el yang diberi kuasa;  

b. Penerbitan KIA (untuk usia 5-17 tahun kurang 1 hari)
1. Fotocopy kutipan akta kelahiran dan menunjukan kutipan akta kelahiran aslinya;
2. Fotocopy KK asli orang tua/Wali;Fotocopy KTP-el asli kedua orang tuanya/wali;
3. Pas foto Anak berwarna ukuran 4×6 sebanyak 2 (dua) lembar;
4. Surat Kuasa (jika dikuasakan);
5. Fotocopy KTP-el yang diberi kuasa;  

c. Penerbitan KIA karena hilang
1. Persayaratan sama dengan angka 1 atau angka 2;
2. Surat keterangan kehilangan dari kepolisian Surat Kuasa (jika dikuasakan);
3. Fotocopy KTP-el yang diberi kuasa;  

d. Penerbitan KIA karena rusak
1. Persayaratan sama dengan angka 1 atau angka 2;
2. KIA yang rusakSurat Kuasa (jika dikuasakan)Fotocopy KTP-el yang diberi kuasa;

e. Penerbitan KIA Pindah Datang Persayaratan sama dengan angka 1 atau angka 2;
1. Surat keterangan Pindah Datang;
2. Surat Kuasa (jika dikuasakan);
3. Fotocopy KTP-el yang diberi kuasa;    
2.Sistem Mekanisme dan Prosedur      1. Pemohon menyerahkan berkas persyaratan yang benar dan lengkap kemudian menerima surat bukti pengambilan KIA;                                          
2. Petugas memproses penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA);                                                    
3. Pemohon menyerahkan surat bukti pengambilan KIA dalam waktu 1 (satu) hari sejak permohonan;   
4. Pemohon mengambil KIA di Dinas dan menandatangani bukti penerimaan.                     
3.Jangka Waktu Pelayanan2 (dua) hari
4.Biaya/TarifTidak dipungut biaya (gratis)
5.Produk PelayananKartu Identitas Anak (KIA)
6.Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan                    1. Kotak saran
2. Website: disdukcapil.bogorkab.go.id‘
3. Telepon :(021) 8758419
4. Faximile: (021) 8758419
5. Email: Disdukcapil@bogorkab.go.id
6. Form Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Mekanisme penanganan pengaduan saran dan masukan dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut :
1. Cek di tempat              
2. Koordinasi internal    
3. Koordinasi eksternal
4. Tindak lanjut dan solusi permasalahan
7.Waktu Pelayanan    a. Senin – Jum’at              : 08.00-15.30 WIB.
b. Hari Sabtu, Minggu dan hari besar nasional libur                                

Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (Manufacturing)

No.KomponenUraian
1.Dasar Hukuma. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang telah diubah dengan Undang-Undang  Nomor  24  Tahun  2013  Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;                       
b. Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006;  
c. Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;            
d. Keputusan Presiden Nomor 88 Tahun 2004 tentang Pengelolaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan;                                  
e. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 28 Tahun 2005 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil di Daerah;                           
f. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak;                                                                     
g. Peraturan Daerah Kabupaten BogorNomor 9 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan;                                                                                                
2.Sarana Prasarana dan/ atau Fasilitas                Sarana Prasarana dan/atau fasilitas berada di Dinas:
Blangko KIA                                                                                                       
Komputer                                                           : 1 unit 
Printer                                                                  : 1 unit 
Jaringan                                                               : 1 unit 
AC                                                                          : 1 unit 
Genset                                                                 : 1 unit 
Kamera                                                                : 1 unit 
Scanner                                                                : 1 unit 
3.Kompetensi Pelaksana    a. Terampil mengoperasikan komputer dan teknologi informasi 
b. Mampu bersikap sopan, ramah dan komunikatif          
c. Disiplin dan taat waktu pelayanan                                       
4.Pengawasan InternalBerjenjang mulai dari Kepala Seksi Identitas Penduduk, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Kepala Dinas
5.Jumlah PelaksanaOperator SIAK di Dinas Petugas Pelayanan di Dinas: 1 orang
6.Jaminan Pelayanan1. Adanya Standar Operasional Prosedur (SOP);
2. Adanya Kode Etik Pegawai;
3. Tidak ada diskriminasi terhadap Pemohon.
7.Jaminan Keamanan dan Keselamatan PelayananApabila KIA sudah jadi namun belum diambil, akan disimpan terlebih dahulu dan pemohon dihubungi melalui telepon.
8.Evaluasi Kinerja Pelaksana1. Rapat koordinasi intern rutin setiap bulan dan insidental terkait  pelaksanaan programkegiatandan pelayanan;  
2. Melalui survey Indeks Kepuasan  Masyarakat (IKM) secara rutin dan berkelanjutan sebagai upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan.
%d bloggers like this: