Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses penyampaian pelayanan (Service Delivery)

No.KomponenUraian
1.Persyaratan                1. Mengisi  Blangko  permohonan  Ganti  Kutipan Akta Pencatatan Sipil;                                                    
2. a). Ganti Kutipan Akta Pencatatan Sipil karena hilang:                
–  Fotocopy Kutipan Akta Pencatatan Sipil yang hilang;                                                                       
–  Surat Keterangan kehilangan dari Kepolisian;   
b). Ganti Kutipan Akta Pencatatan Sipil Pembaharuan:                
–  ASLI  Kutipan  Akta  Pencatatan  Sipil  yang dimohonkan;                                                       
c). Ganti Kutipan Akta Pencatatan Sipil karena rusak:                
–  Asli Kutipan Akta Pencatatan Sipil yang rusak;
3. Fotocopy Kartu Keluarga (Dilegalisir Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil);    
4. Fotocopy KTP-el Pemohon (Dilegalisir Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil);    
5. Surat Kuasa (apabila dikuasakan);                       
6. Fotocopy KTP-el Penerima Kuasa.                                       
2.Sistem Mekanisme dan Prosedura. Pemohon menyerahkan berkas persyaratan yang lengkap dan benar;                                                         
b. Petugas mengecek database kependudukan;
c. Petugas pelayanan memproses penerbitan Ganti Kutipan Akta Pencatatan Sipil;                    
d. Pemohon menerima Ganti Kutipan Akta Pencatatan Sipil dan menandatangani bukti penerimaan produk.
3.Jangka Waktu Pelayanan1 (satu) hari
4.Biaya/TarifTidak dikenakan biaya (gratis)
5.Produk PelayananKutipan Kedua dan seterusnya Akta Pencatatan Sipil
6.Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan                        1. Kotak saran
2. Website: disdukcapil.bogorkab.go.id
3. Telepon :(021) 8758419
4. Faximile: (021) 8758419
5. Email: Disdukcapil@bogorkab.go.id
6. FormSurvei Indeks Kepuasan Masyarakat   Mekanisme penanganan pengaduan saran dan masukan dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut :
1. Cek ditempat
2. Koordinasi internal
3. Koordinasi eksternal
4. Tindak lanjut dan solusi permasalahan
7.Waktu Pelayanan  a. Senin – Jum’at : 08.00-15.30 WIB.
b. Hari Sabtu, Minggu dan hari besar nasional libur

Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (Manufacturing)

No.KomponenUraian
1.Dasar Hukuma. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006  tentang Administrasi Kependudukan;     
b. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan;
c. Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor : 18/PUU-XI/2013 tentang pembatalan ayat 1 dan 2 pasal 32 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tanggal 30 April 2013;
d. Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
e. Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
f. Keputusan Presiden Nomor 88 Tahun 2004 tentang Pengelolaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan;
g. Peraturan Menteri      Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2010 tentang Formulir dan Buku yang digunakan dalam Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;                
h. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016
i. Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor: 472.11/2304/SJ tanggal 6 Mei 2013 tentang Tindak lanjut Pelaksanaan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 18/PUU-XI/2013 tanggal 30 April 2013 tentang pembatalan ayat 1 dan 2 pasal 32 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006;
j. Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 9 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan;                                                    
2.Sarana Prasarana dan/atau FasilitasKomputer         : 1 unit
Printer              : 1 unit
Jaringan           : 1 unit
AC                   : 1 unit
Genset             : 1 unit
3.Kompetensi Pelaksana      a. Terampil mengoperasikan komputer dan  teknologi informasi;
b. Mampu bersikap sopan, ramah komunikatif dan informatif; c. Disiplin dan tepat waktu pelayanan
4.Pengawasan InternalKepala  Seksi  Pemanfaatan Data dan Dokumen Kepala  Bidang Pemanfaatan Data dan Kepala Dinas        
5.Jumlah Pelaksana3 (tiga) orang meliputi:
Petugas Pelayanan;
Petugas Verifikasi;
Operator Komputer;
6.Jaminan Pelayanan1. Adanya Standar Operasional Prosedur (SOP);
2. Adanya Kode Etik Pegawai;
3. Tidak ada diskriminasi terhadap Pemohon.
7.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan  Apabila Kutipan Kedua dan seterusnya Akta Pencatatan Sipil sudah jadi namun belum diambil, akan disimpan terlebih dahulu dan pemohon dihubungi melalui telepon;
8.Evaluasi Kinerja Pelaksana          1. Rapat koordinasi intern rutin setiap bulan dan insidental terkait pelaksanan program kegiatan dan pelayanan;
2. Melalui survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) secara rutin dan berkelanjutan sebagai  upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan.
%d bloggers like this: